Kepala Sekolah

Drs. Nukman, M.Si

NIP. 19630112 198903 1 006

Banner
BidikmisiSNMPTNDinas Pendidikanwikipedia IndonesiaPSMA
Login Member
Username:
Password :
Agenda
18 December 2017
M
S
S
R
K
J
S
26
27
28
29
30
1
2
3
4
5
6
7
8
9
10
11
12
13
14
15
16
17
18
19
20
21
22
23
24
25
26
27
28
29
30
31
1
2
3
4
5
6

KEUTAMAAAN HARI JUMAT

Tanggal : 18-04-2014 13:47, dibaca 964 kali.

 

KEUTAMAAN HARI JUMAT

By : aminah ( Ing)

 

Abu Hurairah meriwayatkan, Rasulullah bersabda:

Allah telah memalingkan orang-orang sebelum kita untuk menjadikan hari Jum’at sebagai hari raya mereka, oleh karena itu hari raya orang Yahudi adalah hari Sabtu, dan hari raya orang Nasrani adalah hari Ahad, kemudian Allah memberikan bimbingan kepada kita untuk menjadikan hari Jum’at sebagai hari raya, sehingga Allah menjadikan hari raya secara berurutan, yaitu hari Jum’at, Sabtu dan Ahad. Dan di hari kiamat mereka pun akan mengikuti kita seperti urutan tersebut, walaupun di dunia kita adalah penghuni yang terakhir, namun di hari kiamat nanti kita adalah urutan terdepan yang akan diputuskan perkaranya sebelum seluruh makhluk”. (HR. Muslim)

Allah telah menganugerahkan bermacam-macam keistimewaan dan keutamaan hari Jum’at, setelah kaum Yahudi dan Nasrani dipalingkan darinya.Diantara keistimewaaan itu ialah:

1.      Hari jumat merupakan hari terbaik , dimana pada hari itu matahari terbit dan hari itu Adam diciptakan, dimasukkan ke surganya Allah serta dikeluarkan darinya. ( HR,Abu Hurairrah)

2.       Kiamat tidak akan terjadi kecuali pada hari Jumat ( HR,Abu Hurairrah)

3.      Pada Hari Jumat terdapat waktu mustajab untuk dikabulkannya doa

Abu Hurairah z berkata Rasulullah ybersabda:
Sesungguhnya pada hari Jum’at terdapat waktu mustajab bila seorang hamba muslim melaksanakan shalat dan memohon sesuatu kepada Allah pada waktu itu, niscaya Allah akan mengabulkannya.

4.       Sedekah pada hari jumat  lebih utama dibanding sedekah pada hari-hari lainnya.

” Hadits dari Ka’ab menjelaskan:“Dan sedekah pada hari itu lebih mulia dibanding hari-hari selainnya”.(Mauquf Shahih)

5.      Hari tatkala Allah  menampakkan diri kepada hamba-Nya yang beriman di Surga.
(QS.50:35) mengatakan: “Allah menampakkan diri kepada mereka setiap hari Jum’at”.

6.      Hari dihapuskannya dosa-dosa.

7.      Salman Al Farisi z berkata : Rasulullah bersabda:“Siapa yang mandi pada hari Jum’at, bersuci sesuai kemampuan, merapikan rambutnya, mengoleskan parfum, lalu berangkat ke masjid, dan masuk masjid tanpa melangkahi diantara dua orang untuk dilewatinya, kemudian shalat sesuai tuntunan dan diam tatkala imam berkhutbah, niscaya diampuni dosa-dosanya di antara dua Jum’at”. (HR. Bukhari)

8.      Orang yang berjalan untuk shalat Jum’at akan mendapat pahala untuk tiap langkahnya, setara dengan pahala ibadah satu tahun shalat dan puasa..

Siapa yang mandi pada hari Jum’at, kemudian bersegera berangkat menuju masjid, dan menempati shaf terdepan kemudian dia diam, maka setiap langkah yang dia ayunkan mendapat pahala puasa dan shalat selama satu tahun, dan itu adalah hal yang mudah bagi Allah”.(HR. Ahmad dan Ashabus Sunan, dinyatakan shahih oleh Ibnu Huzaimah).

9.      Wafat pada malam hari Jum’at atau siangnya adalah tanda husnul khatimah, yaitu dibebaskan dari fitnah (azab) kubur.

Setiap muslim yang mati pada siang hari Jum’at atau malamnya, niscaya Allah akan menyelamatkannya dari fitnah kubur”. (HR. Ahmad dan Tirmizi)

Wahai anak-anak didikku smansa padang! Terutama yang laki-laki bersegeralah menuju ke Masjid sebelum azan jumat dikumandangkan sucikan dirimu! Berwuduklah yang benar tempati shaf terdepan sholat dua rakaaat, berdiam ( zikir) niscaya allah akan mengabulkan doa-doa aananda! Amin ya rahmaan.



Pengirim : DRA. HJ. AMINAH, M.PD
Kembali ke Atas
Artikel Lainnya :
Silahkan Isi Komentar dari tulisan artikel diatas
Nama
E-mail
Komentar

Kode Verifikasi
                

Komentar :


   Kembali ke Atas

Kembali ke atas